Thursday, June 13, 2013

CARA BIAR KITA MAKIN PINTAR

Bosan dibilang lemot sama teman? He-he. Tenang girls, ada cara kok biar kita makin pintar. Lagipula memang pada dasarnya, kita sebagai manusia semakin lama mengalami penurunan kemampuan otak.

Emang sih, menurut penelitian di University of Virginia, gangguan memori baru akan muncul di usia  20-an nanti. Tapi, menurut para peneliti, pada usia 27 tahun, kecepatan otak dalam memecahkan masalah dan kemampuan penalaran mulai menurun.

Tapi tenang girls, masih ada cara mengatansipasinya. Ini adalah beberapa langkah supaya kita bisa tetap menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Dengan Omega-3
Apa yang baik bagi jantung kita, baik juga untuk otak kita. Konsumsi rutin antioksidan (dari buah-buahan berwarna cerah dan sayuran) dan asam lemak Omega-3 (dari ikan dan minyak zaitun), biar otak kita makin pintar.

Visualisasikan
Udah mulai sering lupa? Coba deh mengingat dengan cara membayangkan gambarnya. Misalnya, kalau kita perlu mengingat sebuah kata, bayangkan bendanya.

Selalu aktif
Kalau fisik kita bugar, hippocampus (bagian otak yang terhubung dengan ingatan jangka panjang) akan meningkat kemampuannya.  Lakukan jenis latihan apa saja. Supaya peredaran darah mengalir lancar. Salah satu caranya adalah dengan jogging dan berenang.

Percaya otak kita
Gadget atau perangkat elektronik memang mempermudah kita. Untuk mengingat ulang tahun teman misalnya, kita tinggal mengatur tanggal. Coba sekali-sekali andalkan otak. Enggak perlu semua ditulis di reminder otak kita. Bagus sih, mencatat dan menulis sesuatu, tapi enggak perlu semuanya. Misalnya hal-hal prioritas aja yang ditulis di reminder gadget kita. Yang lain hapalkandi luar kepala aja.

Bermain
Main video game yang bikin kita fokus dan santai bagus juga. Asal enggak kelamaan ya! Pilih permainan yang penuh teka-teki untuk melatih otak dan berkonsentrasi. Seperti scrabble, teka teki silang atau puzzle. Main permainan tradisional seperti congklak, galasin atau petak umpet juga bagus girls, karena membuat kita berpikir tentang strategi dan melatih motorik kita. Maingame online juga oke banget, coba buka lumosity.com.

Bersantai
Jangan lupa istirahat! Nonton acara-acara seru yang bikin kita ketawa. Pergi creambath  di salon atau maskeran sambil baca buku kesukaan.

Tidur cukup
Tidur cukup membantu mengaktifkan sel-sel otak. Sehingga, otak bisa menyerap dan mempelajari sesuatu lebih dalam dan baik. Menurut Dr Paul Shaw dari Washington University School of Medicine, rutin tidur cukup meningkatkan kecedrasan seseorang.

No comments:

Post a Comment