Thursday, June 13, 2013

BELAJAR LEBIH EFEKTIF DENGAN BRAIN GYM

Belajar Lebih Efektif dengan Brain Gym®

Mungkin kita sering merasa lelah dan enggak fokus saat belajar sehingga jadi malas dan ngantuk. Ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa gerakan brain gym® yang sederhana dan mudah, lho!

Brain gym® bisa membantu kita belajar dengan lebih baik dan efektif. Menurut Henry Remanly, instruktur dan pakar brain gym® dari Brain Gym International Faculty, Brain gym® berfungsi untuk membantu mengakses semua bagian otak, termasuk membantu agar semua rangsangan, termasuk pelajaran, yang dikirim ke otak kanan dan kiri (tempat berpikir) berjalan dengan lancar, sehingga fungsinya seimbang. Alhasil otak berfungsi maksimal, jadi lebih fokus dan mudah menyerap pelajaran.

Energetic, Minum air putih yang cukup
Tubuh butuh energi saat belajar. Air adalah sumber energi yang paling cepat diserap tubuh dan otak khususnya, karena 70 persen tubuh manusia terdiri dari air dan 20 persen cairan ada di otak, sehingga fungsi tubuh dan otak tergantung pada air.

Clear, Brain Button
Telapak tangan kiri menutup pusar. Bentuk ibu jari, jari tengah dan telunjuk  tangan kanan seperi pistol, lalu tempelkan pada bagian cekung (lekukan) di bawah tulang dada. Pijat-pijat lekukan tersebut dengan ujung jari sambil bernafas secara teratur dan perlahan. Posisi tangan boleh dilakukan bergantian.
Manfaat:
Menghantarkan energi ke mata dan otomatis ke otak, agar penglihatan lebih fokus, jernih, dan detail, lalu pikiran yang chaos pun kembali jernih dan enggak lelah.

Active, Cross Crawl
Gerakan sikut kanan hingga hampir menempel dengan lutut kiri, juga sebaliknya. Lakukan beberapa kali secara perlahan dan bergantian sambil mengatur nafas.
Manfaat:
Merangsang fungsi kerja otak kanan dan kiri menjadi lebih seimbang sehingga koneksinya meningkat. Jadi bisa menyerap apa yang dipelajari dengan baik.

Positive, Hook Ups
Kedua tangan lurus ke depan dan dibuka selebar bahu.Telapak tangan menghadap keluar. Silangkan kedua tangan, tangan kanan di atas lalu telapak tangan saling menggenggam. Setelah itu putar ke arah dalam, hingga posisi tangan kiri berada di depan. Posisi kaki disilangkan, kaki kanan di atas. Lalu tempelkan lidah di langit-langit sambil tarik napas secara perlahan, keluarkan nafas secara perlahan lewat mulut, sambil lidah dilepas.

Bila kaki kanan di atas (bertumpu) maka posisi tangan yang berada di atas saat disilangkan adalah tangan kanan, begitu juga sebaliknya. Pilih saja yang lebih nyaman.

Setelah merasa cukup, buka kaki, lalu taruh kedua tangan depan dada sambil menempelkan ujung-ujung jari sehinga hampir berbentuk seperti lingkaran. Dan kembali atur nafas sambil konsentrasi.
Manfaat:
Membantu kita untuk berpikir lebih positif, lebih tenang dan santai sehingga bisa melepas stres.

The Thinking Cap
Duduk dengan santai dan tegak, lalu pijat daun telinga kita secara perlahan dari atas sampai bawah. Lakukan beberapa kali hingga merasa cukup.
Manfaat:
Membantu kita untuk mendengar dengan lebih baik dan jelas, khususnya apa yang diterangkan guru, sehingga belajar jadi lebih fokus dan rileks.

The Owl
Letakan tangan kanan di bahu kiri, lalu pijat-pijat sambil tengokkan kepala ke kiri dan tarik napas, lalu hembuskan sambil kepala menengok ke kanan secara perlahan. Setelah kepala menengok ke kanan, tarik napas lagi sambil menengok ke kiri. Lakukan beberapa kali, sebelum tangan kiri berganti memijat bahu kanan.
Manfaat:
Mengendurkan otor-otot bahu yang sering terasa kencang atau tegang karena menulis atau melihat papan tulis seharian, sehingga jadi lebih rileks.

The Footflex
Sambil duduk, letakkan salah satu kaki di atas paha. Sambil pergelangan kaki digerakkan ke atas dan bawah, remas-remas betis secara perlahan.
Manfaat:
Walaupun belajar seringnya dilakukan sambil duduk, tapi gerakan ini sangat manjur untuk membantu lebih fokus saat belajar.

No comments:

Post a Comment